Pola Hidup Sehat ala Okinawa




Okinawa merupakan kepulauan yang terdiri atas 161 pulau dan terbentang sepanjang 800 mil antara Taiwan dan Kepulauan Jepang. Pohon palem yang banyak tumbuh, hutan tropis yang masih asri, serta berbagai flora dan fauna yang hidup disana membuat Okinawa seperti surga dalam impian.

Selain alamnya yang indah, Okinawa juga dikenal sebagai tempat bermukimnya orang-orang berumur panjang. Tampaknya masyarakat disana berhasil mengalahkan proses penuaan dan berbagai penyakit yang biasanya diderita pada usia lanjut. Tiga penyakit pembunuh utama di Barat, yaitu jantung koroner, stroke dan kanker, memang ada di Okinawa tetapi frekuensi nya paling rendah di dunia.

Di Okinawa kini terdapat 400 orang lebih yang berusia diatas 100 tahun. Banyak diantara mereka masih aktif, sehat dan mandiri. Mengapa orang Okinawa panjang umur, sehat, bugar, langsing dan jauh dari berbagai penyakit? Simak yuk hasil penelitian ilmiah selama 25 tahun yang disebut Okinawa Centenarian Study. Inilah 10 hal yang dimiliki penduduk Okinawa yang mungkin dapat kita ikuti.

1. 'Darah muda'

Hasil Penemuan : Pembuluh darah lansia Okinawa muda dan bersih. Selain itu, kadar homocysteine dan kolesterol lebih rendah daripada warga Barat yang seusia. Faktor ini dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung koroner sampai 80% dan menjaga kadar stroke tetap rendah.
Gaya hidup yang menentukan : Diet, latihan teratur, konsumsi alkohol ringan, menghindari rokok, pengendalian tekanan darah dan mengurangi stres secara psiko-spiritual.

2. Rendah resiko kanker akibat hormon.

Hasil Penemuan : Warga Okinawa beresiko rendah terkena kanker yang diakibatkan oleh perubahan kadar hormon, termasuk kanker prostat, indung telur, dan usus besar.
Gaya hidup yang menentukan : Diet rendah kalori, tinggi kedelai, sayuran, dan ikan. Juga kebiasaan olah tubuh, yaitu aktifitas fisik dalam kadar tinggi.

3. Tulang yang kuat.

Hasil penemuan : Selain memiliki tulang kuat, juga resiko mengalami patah tulang pinggul hanya setengahnya dari warga Barat.
Gaya hidup yang menentukan : Konsumsi flavonoid cukup tinggi, kebiasaan olahraga, alkohol yang rendah, dan menjauhi rokok.

4. Otak yang tajam.

Hasil penemuan : Sebagian besar penduduk Okinawa memiliki pikiran yang sangat jernih. Bahkan diatas usia 100 tahun.
Gaya hidup yang menentukan : Pola makan (yang mengarah pada pembuluh darah yang bersih dan sirkulasi darah ke otak yang lebih baik), makanan antioksidan yang cukup tinggi, kehidupan sehari-hari yang aktif (terus belajar sampai usia lanjut).

5. Tubuh yang langsing dan bugar.

Hasil penemuan : Lansia Okinawa langsing dengan index massa tubuh berkisar 18-22 (disebut langsing bila kurang dari 23)
Gaya hidup yang menentukan : Diet (tinggi karbohidrat, rendah kalori) dan rutin berolahraga.

6. Menopause alami.

Hasil penemuan : Tidak ada wanita Okinawa yang menggunakan terapi penggantian estrogen. Mereka mengalami menopause secara alami dan tanpa obat-obatan dengan komplikasi minimal, seperti hot flashes, patah tulang pinggul atau jantung koroner.
Gaya hidup yang menentukan : flavonoid tinggi yang diambil dari produk kedelai, tidak merokok, berdansa, bela diri ringan, jalan kaki, dan berkebun.

7. Hormon seks yang 'muda'.

Hasil penemuan : Kadar hormon seks lansia Okinawa lebih tinggi (meliputi DHEA alami, estrogen, dan testoreron) daripada lansia Amerika yang seusia. Artinya, warga Okinawa lebih muda secara fisik.
Gaya hidup yang menentukan : Diet rendah kalori dan olahraga.

8. Berkurangnya kerusakan sel akibat radikal bebas.

Hasil penemuan : Lansia Okinawa memiliki kadar radikal bebas dalam darah yang lebih rendah daripada penduduk yang lebih muda.
Gaya hidup yang menentukan : Diet rendah kalori,tinggi antioksidan (dari sayuran, legum, dan herbal) serta aktifitas fisik secara teratur.

9. Kesehatan psiko-spiritual yang sempurna.

Hasil penemuan : Tes kepribadian menunjukkan, saat berada pada usia prima, warga berusia 100 tahun mendapat nilai rendah pada 'keadaan mendesak' dan ketegangan serta nilai tinggi pada 'percaya diri' dan kekerashatian (unyielding ness). Hasil wawancara menunjukkan adanya sikap optimis dan mudah beradaptasi. Nilai kehidupan yang penting adalah sikap yang tidak berlebihan dalam segala hal. Pada lansia wanita ditemukan adanya integrasi sosial yang kuat dan spiritualisme yang dalam.
Gaya hidup yang menentukan : Sikap positif, hubungan sosial yang kuat, dan keyakinan spiritual yang kuat yang mengarah pada kesehatan dan kepuasan dalam hidup.

10. Pemeliharaan kesehatan yang terpadu.

Hasil penemuan : Penduduk Okinawa menggabungkan metode penyembuhan Timur dan Barat kedalam sistem pemeliharaan kesehatan mereka.
Gaya hidup yang menentukan : Diet tradisional, penggunaan herbal, dan pendekatan yang terbuka terhadap metode penyembuhan Timur dan Barat.

Bukti-bukti diatas menunjukkan bahwa apa yang kita lakukan, bagaimana kita hidup, apa yang kita makan, pikirkan, dan yakini akan berpengaruh besar terhadap kesehatan dan usia harapan hidup. Pola makan tradisional, gemar olahraga, dan kehidupan psiko-spiritual, yang digabungkan dengan pemeliharaan kesehatan terpadu, membuat penduduk Okinawa mampu mencapai kesehatan dan kemudaan yang panjang. Itulah cara Okinawa. Tentunya cara ini juga bisa kita terapkan dalam hidup kita..

Semoga bermanfaat...


Sumber : Majalah FIT 




0 comments:

Post a Comment

SUBSCRIBE

Instagram