Gepuk Daging Sapi




Gepuk merupakan makanan khas Sunda yang jadi favorit, karena rasanya yang enak dan bener-bener khas.. Suami dan anak-anakku pun pada lahap makan nya kalo menu yang disajikan Gepuk plus Sambel  Dadakan Pedas..

Ini dia resep nya..

Bahan-bahan :

500 gram daging sapi bagian gandik
1 liter air
1 sdm air asam jawa

Bumbu yang dihaluskan;
7 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 buah kemiri
1 sdm ketumbar bubuk
25 gram lengkuas
1 sdt gula merah yg sudah diserut
Garam dan merica secukupnya


Cara Membuat :

  • Rebus daging secara utuh sampai setengah empuk, potong-potong daging searah serat sesuai selera, lalu pukul-pukul dengan menggunakan ulekan hingga melebar. Usahakan jangan sampai daging terlepas dari seratnya. Lalu sisihkan.
  • Panaskan kembali air sisa rebusan daging dalam wajan, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan tambahkan air asam. Aduk-aduk hingga bumbu merata dan air mendidih, lalu masukkan daging yang sudah digeprek. Masak dengan api kecil.
  • Diamkan hingga air surut dan daging benar-benar empuk.
  • Setelah daging empuk dan bumbu meresap, panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu goreng daging dengan api sedang hingga berwarna kuning kecoklatan.
Dan.. Gepuk Daging Sapi khas Parahyangan pun siap disajikan untuk keluarga tercinta.. tambah maknyus kalo dicocol Sambal Dadakan Pedas.



Tips : 
  • Saat merebus daging yang sudah digeprek dengan air kaldu yang sudah dibumbui, tata daging dengan rapi dalam wajan dan daging tidak perlu di bulak balik. sebaiknya wajan ditutup agar bumbu benar-benar meresap..
  • Saat menggoreng daging, api jangan terlalu besar dan hati-hati saat membalikkan daging, jagan sampai daging terlepas dari seratnya.

0 comments:

Post a Comment

SUBSCRIBE

Instagram