Cara Yang Benar Untuk Kompres Anak Demam




Demam merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi pada anak. Demam sebenarnya bukan merupakan penyakit, melainkan gejala. Demam memegang peranan kunci dalam membantu perlawanan tubuh mengatasi infeksi virus atau bakteri.

Sebenarnya demam tidak berbahaya, kecuali bila mencapai suhu 39-40 derajat celsius. Namun, masih banyak terjadi kesalahan dalam menangani demam, misalnya panik karena demam tinggi, suhu anak tidak diukur dengan benar dan mengompres dengan cara yang salah.

Selama ini mungkin masih banyak orangtua yang salah kaprah jika mengompres anak yang sedang demam. Beberapa orangtua diketahui mengompres anak yang demam dengan merendam kain ke dalam wadah air berisi es batu. Kain yang dingin itu kemudian diletakkan di dahi anak.

Padahal, cara mengompres yang benar bukanlah dengan air dingin dan bukan pula diletakkan di dahi. 

Mengompres dengan air dingin tidak akan efektif dalam menurunkan panas, malah akan membuat suhu tubuh semakin panas hingga anak menjadi mengigil.

Suhu tubuh memang akan berpindah dari yang tinggi ke suhu yang lebih rendah, tapi kompres dengan air dingin justru dapat menutup pori-pori sehingga menghambat berpindahnya suhu tubuh. Kompres demam yang baik juga bukan diletakkan di dahi atau kening karena terhalang oleh tengkorak kepala.

Lalu bagaimanakah cara kompres yang baik dan benar?

  1. Kompres dengan menggunakan air hangat, bukan air dingin atau air es
  2. Kompres di bagian perut dan dada dengan menggunakan sapu tangan yang telah dibasahi air hangat
  3. Gosok-gosokkan sapu tangan perlahan di bagian perut dan dada
  4. Bila sapu tangan sudah kering, ulangi lagi dengan membasahinya dengan air hangat.

Itulah beberapa info yang saya kumpulkan dari beberapa sumber tentang cara kompres anak yang benar.. semoga bisa membantu para bunda untuk mengatasi anak yang sedang demam..

Semoga bermanfaat.. ;)

0 comments:

Post a Comment

SUBSCRIBE

Instagram