Bahaya Sayur Bayam Yang Sudah Dimasak Lebih Dari 4 Jam





Sayur bayam memang bermanfaat untuk kesehatan karena sayur bayam adalah penghasil zat besi terbanyak. Tapi sayur bayam juga bisa berbahaya loh untuk kesehatan tubuh jika didiamkan untuk waktu yang lama..

Mengapa sayur bayam menjadi berbahaya jika tidak langsung dimakan setelah dimasak?


Bahaya dari sayur bayam yang telah lama didiamkan ini terjadi karena adanya proses oksidasi yang terjadi antara udara dan bayam. Ketika zat besi yang dihasilkan dari bayam terlalu lama bereaksi dengan udara, maka zat besi ini akan teroksidasi dan berubah menjadi senyawa kimia yang bersifat racun (oksidan) bagi tubuh. Jadi ketika kita makan bayam yang telah lama dimasak, bukan antioksidan yang kita dapat. Justru hasil oksidasi dari zat besi yang telah berubah menjadi oksidan, itu artinya sama saja dengan memasukkan racun kedalam tubuh kita.

Bayam yang sudah dimasak hanya bisa bertahan sekitar 4 – 5 jam saja untuk mendapatkan manfaat yang baik nya dari bayam tersebut.. Jika warna bayam sudah berubah menjadi kehitaman itu tandanya bayam sudah teroksidasi dengan udara dan sudah menghasilkan racun..

Jadi.. kalo masak bayam sebaiknya hanya untuk sekali makan saja, agar yang didapat oleh tubuh kita pun adalah zat yang baiknya saja dan bukan racun nya..

Semoga bermanfaat…

0 comments:

Post a Comment

SUBSCRIBE

Instagram