Berenang Dengan Aman




Berenang itu menyenangkan. Selain merupakan olahraga untuk mengencangkan otot-otot tubuh, juga berguna untuk meningkatkan kepekaan syaraf terhadap rangsangan dari luar (sense of touch). Tapi yang sering terjadi, usai berenang kulit bersisik atau rambuk rontok dan kusam.



Ada beberapa tips yang saya kumpulkan dari berbagai sumber baik online dan offline, agar berenang bisa tetap menyenangkan tanpa harus merusak kulit dan rambut.

Pertama-tama yang harus diperhatikan adalah kondisi air tempat berenang, apakah kolam renang atau laut. Bila berenang di laut yang kadar garamnya tinggi dan bermandi sinar matahari, tentunya harus memakai tabir surya (sunscreen) yang tepat. Selain itu hindari beerendam terlalu lama agar kulit tubuh tidak membengkak, karena garam yang masuk ke dalam pori-pori akan menarik air.

Bila memilih berenang di kolam renang, tetap perhatikan lokasinya. Kolam renang yang berada di daerah pegunungan yang dekat dengan mata air, tentu berbeda dengan kolam renang di dalam kota yang menggunakan bahan kimia. Justru kolam inilah yang sering digunakan oleh kebanyakan orang yang tanpa disadari bisa membuat kulit menjadi kering, keriput bahkan iritasi. Selain itu, rambut pun bisa rontok, mudah patah, kusut atau ujungnya bercabang karena kelembaban rambut ‘terkikis’ oleh zat kimia.

Bahan-bahan kimia yang umumnya terdapat di dalam kolam renang adalah klorin (kaporit) sebagai penjernih air dan algasite sebagai anti ganggang atau anti lumut. Bahan-bahan kimia inilah yang dapat menyebabkan kerusakan pada mantel pelindung kulit dan rambut.

Agar dapat berenang dengan aman, sebaiknya ikuti persiapan sebelum berenang dan perawatan setelah berenang berikut ini.

Untuk perlindungan sebelum berenang:
  • Gunakan krim tabir surya jenis waterproof minimal 20 menit  sebelum berenang agar meresap pada kulit wajah dan tubuh.
  • Pilihlah tabir surya yang mengandung titanium dioksida, seng oksida, atau alfabenzone (pilih salah satu atau ketiganya), karena bahan-bahan tersebut akan melindungi kulit dari UVA sebagai anti sunburn dan UVB sebagai anti kerut.
  • Jika tidak ada tabir surya, bisa diganti dengan body lotion, minyak zaitun, minyak jojoba, baby oil atau produk lainnya yang dapat memberi lapisan film untuk mencegah kulit kontak langsung dengan zat kimia dari air kolam renang.
  • Untuk melindungi bibir, gunakan pelembab khusus bibir dengan SPF 15.
  • Gunakan kacamata berenang untuk melindungi mata.
  • Lindungi rambut dengan topi kedap air, terutama untuk rambut yang dicat. Atau, oleskan leave in conditioner yang ringan dan transparan pada seluruh bagian rambut untuk menghindari kontak langsung dengan zat kimia.
  • Sebelum menceburkan diri ke dalam air, basahi lebih dulu seluruh tubuh dan rambut dengan air tawar.

Untuk perawatan setelah berenang:
  • Segera bersihkan seluruh tubuh dan wajah dengan sabun ber PH-balance atau dengan produk pembersih dari rumput laut. Diamkan 2-3 menit lalu bilas. Sabun biasa dapat membuat kulit kering dan iritasi. 
  • Untuk rambut, cuci dengan shampoo ber PH-balace juga.
  • Untuk rambut yang diberi highligt, setelah berenang segera bubuhi dengan air perasan tomat atau jus tomat, diamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air bersih. Kandungan asam dan beta karoten pada tomat dapat memperbaiki kutikel atau sel-sel rambut yang rusak akibat zat kimia di dalam air kolam bereaksi dengan zat kimia dari cat rambut.
  • Untuk menetralisasi bahan kimia yang telah kontak dengan kulit, oleskan minyak esensial lavender, cendana, atau kenanga 2-3 tetes yang dicampur dengan minyak pengantar seperti minyak kacang kedelai, jagung atau zaitun sebanyak 1 sendok teh, pada seluruh tubuh.
  • Untuk mengembalikan PH asam kulit sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati, bisa juga dengan mengoleskan yoghurt alami (natural yoghurt) jenis non fat, tanpa pewarna, tanpa rasa. Setelah itu gunakan pelembab tubuh.
  • Bisa memilih salah satu antara menggunakan minyak esensial atau yoghurt alami.
  • Beri obat tetes mata untuk mengatasi iritasi ringan.

Nah itulah beberapa tips agar bisa berenang dengan aman, tetap menyenangkan dan tetap cantik tanpa kulit yang rusak.



Semoga bermanfaat…

0 comments:

Post a Comment

SUBSCRIBE

Instagram