Bahaya Kosmetik Mengandung Merkuri



Sekarang banyak kosmetik abal-abal yang dijual bebas di apotik dan mengaku sebagai racikan dari dokter. Sebaiknya jangan cepat percaya, karena jika memang benar dari dokter seharusnya kan diperiksa dahulu untuk disesuaikan dengan jenis atau kondisi kulit kita.

Mungkin hal itu terjadi karena pada kenyataannya masih banyak wanita yang beranggapan bahwa cantik itu identik dengan wajah putih mulus tanpa jerawat dan kerutan. Makanya masih banyak juga wanita yang tergiur dengan kosmetik yang menjanjikan semua itu dalam waktu singkat, tanpa menyadari bahwa bahaya sedang mengintai melalui kosmetik tersebut akibat kandungan merkuri di dalamnya..




Merkuri adalah logam cair berwarna putih keperakan yang sangat berbahaya, jika dioleskan dan diserap kulit, akan masuk ke dalam peredarah darah.  Sedikit saja merkuri yang masuk ke dalam tubuh bisa menjadi racun yang menyebabkan kerusakan permanen susunan kulit, syaraf, otak, ginjal dan gangguan perkembangan janin bahkan bisa merusak ginjal dan menyebabkan kanker.. Ngeri banget kan?

Kosmetik yang mengandung merkuri dapat dilihat dari ciri-ciri nya sebagai berikut:

  1. Krim pada umumnya lengket, tapi ada juga sebagian yang mencampurnya dengan bedak jerawat agar tampak lebih encer.
  2. Krim pada umumnya tidak menyatu & kasar, bila didiamkan minyak akan terpisah dengan bagian padat.
  3. Kadang tercium bau logam merkuri, tapi sebagian ada juga yang menggunakan parfum untuk menghilangkan bau tersebut.
  4. Warna umumnya sangat mencolok karena menggunakan pewarna tekstil.
  5. Bila diusapkan pada kulit lengan terasa panas dan gatal.
  6. Pada pemakaian awal meyebabkan Iritasi pada kulit dan kemerahan bila terkena sinar matahari.
  7. Warna putih pada kulit tidak lazim, umumnya pucat.
  8. Kulit menjadi putih dalam waktu kurang dari 1 minggu, tergantung kadar merkuri nya, makin tinggi makin cepat memutih nya..
  9. Tidak timbul jerawat sama sekali, karena lapisan kulit epidermi telah rusak, kulit sudah tidak mengandung protein & melanin yang berfungsi untuk melindungi radiasi paparan matahari, sehingga jasad renik ataupun kuman tidak akan menyukai kulit yang telah tercemar merkuri.
  10. Pori-pori tampak mengecil & halus, ini sebenarnya disebabkan lapisan kulit terluar wajah telah tipis & tergerus oleh logam merkuri, sehingga sepintas terlihat mengecil & halus. Untuk mengujinya bisa mencobanya pada sinar matahari, kulit terasa terbakar, gatal disertai kemerahan, karena kulit wajah sudah tidak mendapat perlindungan dari melanin yang berfungsi melindungi wajah dari radiasi matahari.
  11. Bila pemakaian dihentikan, akan timbul jerawat kecil-kecil disertai rasa gatal dan juga bintik-bintik hitam di bawah kulit sebagian ataupun merata diwajah.
  12. Warna Putih pada kulit wajah lama-kelamaan akan berubah menjadi abu-abu lalu selanjutnya kehitaman.
Penggunaan krim merkuri juga dapat diidentifikasi dari gejala keracunan metabolisme tubuh sebagai berikut; pusing, mual-mual, gemetaran, susah tidur, gangguan penglihatan, gangguan emosi, depresi serta lupa (pikun).

Sudah terbayang bukan betapa bahaya nya zat yang satu ini? Lebih baik pilih kosmetik dengan bahan alami, berbahan dasar herbal lebih baik untuk menjaga kesehatan kulit..

Cantik itu bukan dari kulit yang putih, tapi cantik itu dari dalam hati yang bersih..

0 comments:

Post a Comment

SUBSCRIBE

Instagram