Bijak Menggunakan Kartu Kredit




Di jaman sekarang ini, tidaklah sulit untuk bisa mendapatkan kartu kredit dari satu ataupun beberapa bank sekaligus. Kartu kredit memang sudah menjadi pilihan cara pembayaran yang sudah lumrah. Tetapi kalau tidak digunakan secara bijaksana, kartu kredit bisa menguras isi kantong penggunanya.

Masih banyak pengguna kartu kredit yang punya pandangan keliru soal kartu kredit. Terutama bagi pengguna baru, tiba-tiba memiliki kemampuan membeli segala macam barang 'tanpa' mengeluarkan uang sepeserpun pada saat itu, bisa membuat dia lupa diri dan membeli banyak barang tanpa perhitungan yang matang, seperti dituliskan di artikel sebelumnya tentang Derita Sang Shopaholic. Mereka lupa bahwa semua pembelian itu pada akhirnya harus dilunasi.

Tak sedikit pula pengguna yang mempunyai konsep yang salah, bahwa selama mereka bisa membayar tagihan minimum, kondisi keuangan secara menyeluruh akan baik-baik saja. Mereka tidak menyadari, bahwa ketidakmampuan membayar pinjaman yang menumpuk ditambah bunga nya, plus denda pula jika telat membayar, bisa mencoreng nama mereka sendiri di catatan bank, sehingga ada kemungkinan tidak mendapat kepercayaan bank untuk memperoleh kredit kembali.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan kartu kredit secara bijaksana dan hati-hati. Untuk membantu menekan keinginan belanja berlebihan, mungkin tips berikut bisa dicoba untuk dilakukan ;

  • Gunakan kartu kredit untuk pembayaran tagihan atau pembayaran yang rutin tiap bulan nya, misalnya listrik, telpon dan lain sebagainya. Dengan demikian, sisa batas kredit yang tersisa menjadi kecil. Dan ini akan memperkecil keinginan untuk berbelanja tanpa kendali.
  • Lunasi seluruh tagihan. Jika hanya membayar tagihan minimum, maka seluruh sisa kredit akan dikenai bunga, demikian pula setiap pembelian baru (sementara masih ada tagihan sebelumnya) akan dikenai bunga juga.

Semoga sedikit tips diatas bisa menghindarkan kita dari jeratan hutang kartu kredit yang bisa menghancurkan kondisi keuangan keluarga..

0 comments:

Post a Comment

SUBSCRIBE

Instagram