Membangun Otot Dengan Yoga




Saat ini, yoga sedang menjadi tren, baik di kalangan usia muda maupun lanjut. Konon, selain menenangkan hati dan jiwa, ternyata yoga juga bisa membangun otot loh.. Coba di rumah sendiri juga bisa nih. 

Berikut info nya yang saya baca dari majalah Kosmopolitan ;

1. Posisi Segitiga Sama Kaki.



Bungkukkan tubuh hingga telapak tangan menyentuh lantai. Luruskan kepala, leher, punggung, dan pinggul. Atur nafas, luruskan kaki dan angkat tulang pinggul hingga tubuh membentuk segitiga. Regangkan tulang punggung dengan menekan telapak tangan ke lantai dan tekan tumit agar tetap rata di lantai. Tahan posisi ini selama 30 detik.
Manfaat: menguatkan kaki, tangan, dan tulang belakang.



2. Posisi Keseimbangan Lengan.



Dari posisi no.1, tarik nafas dan putar tubuh ke kanan, hingga tubuh ditopang oleh tangan dan kaki kiri. Letakkan kaki kanan diatas kaki kiri, rapatkan kedua tumit seperti pada posisi berdiri. Pertahankan agar tangan kiri lurus didepan bahu kiri, angkat tangan kanan hingga membantuk garis lurus. Kencangkan otot perut dan tahan selama 15 detik. Putar tubuh menghadap ke bawah, letakkan tangan kiri di lantai kembali ke posisi no.1. Ulangi gerakan dengan tumpuan pada lengan kanan, dan kembali lagi ke posisi no.1 sebelum melanjutkan ke posisi no.3
Manfaat: Menguatkan bahu, punggung atas, trisep, dan kaki.



3. Posisi Kayu (Push Up).




Dari posisi no.1, luruskan kaki dan tangan, turunkan pinggul hingga tubuh membentuk garis lurus. Tarik nafas panjang dan tahan selama 10 detik, kemudian tekuk lengan dan rendahkan tubuh ke arah lantai, siku dan bahu membentuk sudut 90 derajat.  Atur pernafasan dan tahan posisi selama 5 detik, dan angkat pinggul untuk kembali ke posisi no,1
Manfaat; Menguatkan otot bagian dada, bahu bagian depan, dan trisep. 



4. Posisi Setengah Kapal.




Dari posisi no.1, majukan kaki dan duduk dengan kaki disilangkan. Rebahkan tubuh ke lantai dan luruskan kaki. Angkat kaki hingga sejajar dengan pandangan, tahan selama 5 detik. Naikkan kepala dan bahu, tangan lurus di sisi tubuh. Atur nafas dan tahan selama 5 detik. Ulangi 1-3 kali.
Manfaat; Menguatkan otot perut dan kelenturan otot pinggul.



5. Posisi Belalang.




Dari posisi no.4, tidur telentang dan balikkan tubuh ke posisi tengkurap. Luruskan kaki dan letakkan tangan di sisi tubuh. Kencangkan otot pantat, tekan pinggul pelan ke lantai. Bidangkan dada agar bahu berkontraksi, angkat kepala, dada, dan kaki dengan tangan lurus ke belakang. Turun perlahan kemudian angkat pinggul dengan tangan dan kaki tetap di lantai, untuk kembali ke posisi no.1.
Manfaat; Menguatkan punggung bagian bawah, atas, dan lutut.



6. Posisi Power.



Dari posisi no.1, langkahkan kaki ke depan tangan, paha rapat, tekuk lutut seperti posisi duduk di kursi. Angkat tangan ke atas kepala, pandangan lurus ke depan. Kencangkan otot perut dan busungkan dada hingga punggung membentuk busur. Atur pernafasan, tahan selama 30-45 detik.
Manfaat; Menguatkan otot perut, punggung, bahu, dan tulang betis.



7. Posisi Menekuk Ke Depan.



Dari posisi no.7, bungkukkan tubuh dari panggul (untuk membantu keseimbangan, letakkan tangan di paha), hingga tangan menyentuh lantai sejajar dengan kaki. Relaks dan tahan posisi selama 45-60 detik. Untuk kenyamanan, lutut dapat lurus atau di bengkokkan.



8. Posisi Relaks.



Dari posisi no.7, duduk bertekuk lutut di lantai, kemudian berbaringlah dengan kaki terbuka agar nyaman. Letakkan tangan di sisi tubuh dengan telapak menghadap ke atas. Kepala lurus dan pejamkan mata. Bernafas normal, bebaskan diri dari segala tekanan dan fikiran yang mengganggu. Teruskan bernafas dengan teratur hingga benar-benar merasa relaks secara fisik maupun mental. Lakukan minimal 5 menit.

Nah.. itulah 8 posisi yoga yang membantu untuk membangun otot dan merasa relaks secara fisik dan mental, sehingga setelah melakukan latihan ini siap kembali ke rutinitas harian.. ;)

Selamat mencobaa... 

0 comments:

Post a Comment

SUBSCRIBE

Instagram